Laman

Sabtu, 15 November 2014

KONSEP KEBUTUHAN DALAM TUGAS PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK TINGKAT SMP


MAKALAH
KONSEP KEBUTUHAN DALAM TUGAS PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK TINGKAT SMP
Tugas ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Perkembangan Peserta Didik
Yang dibimbing oleh Bapak Drs.Sudari,M.Pd.


 









Disusun Oleh

BENI
Kelas matematika 2012 D
No absen 11
NPM 2121000210185








JURUSAN MATEMATIKA
FAKULTAS ILMU EKSAKTA dan KEOLAHRAGAAN
MEI 2013
KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat, hidayah, serta inayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.
Sholawat serta Salam tidak lupa kami ucapkanm kepada Nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa perubahan kepada kehidupan manusia menuju arah yang lebih baik. Penulis juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah ini yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu.
Penulis menyadari bahwa makalah yang kami sajikan tidak luput dari kesalahan, maka dari penulis minta maaf yang sebenar-benarnya. Mungkin di lain kesempatan penulis bisa memberikan yang lebih baik lagi.
Atas perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.














    Malang, Mei 2013        

                                                                                                                  penulis                                       

i

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .i
DAFTAR ISI  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 1
B.     Rumusan Masalah  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .1
C.     Tujuan  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .1
D.    Manfaat  . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 1
BAB II PEMBAHASAN
A.    Konsep kebutuhan perkembangan peserta didik tingkat SMP  . . . . .   . . . . . . . . . . . .  2
B.     Tugas-tugas perkembangan peserta didik tingkat SMP . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2
C.     Konsep kebutuhan dalam tugas perkembangan peserta didik tingkat SMP  . . . . . . . . ..3
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .   4
B.     Saran  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .    .4
C.     Daftar pustaka  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .   5


















ii
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Makalah ini dibuat dikarenekan adanya kebutuhan untuk cepat mengerti apa saja yang harus dilakukan oleh peserta didik untuk mengetahui konsep kebutuhan dalam tugas perkembangan peserta didik ditingkat SMP.
Belajar merupakan sebuah proses perubahan tingkah laku Individu. Belajar merupakan hal yang sangat penting dan harus di jalani oleh setiap manusia. Dengan Pendidikan sesorang bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, dengan pendidikan seseorang bisa membedakan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh, dan dengan Pendidikan juga seseorang bisa merumuskan tujuan hidup.
B. Rumusan Masalah
Masalah yang akan saya bahas dalam makalah ini adalah Konsep Kebutuhan Dalam Tugas Perkembangan Peserta Didik Ditingkat SMP.
Dalam pembuatan makalah ini ada banyak sekali masalah yang bisa diangkat menjadi bahan-bahan dalam makalah ini, yang rumusan masalahnya sebagai berikut :
1.      Apa saja Konsep kebutuhan perkembangan peserta didik tingkat SMP?
2.      Tugas-tugas perkembangan peserta didik tingkat SMP apa saja?
3.      Konsep kebutuhan dalam tugas perkembangan peserta didik tingkat SMP itu apa saja?

C.   Tujuan
1.      Memenuhi tugas yang diberikan pada mata kuliah Perkembangan Peserta Didik
2.      Makalah ini dibuat untuk mengetahui apa saja Konsep Kebutuhan Dalam Tugas Perkembangan Pesrta Didik ditingkat SMP
D. Manfaat
Makalah ini sangat bermanfaat bagi seorang Guru dan calon Pendidik yang sedang atau akan mengajar, sehingga pendidik akan mengerti dengan cepat apa yang menjadi konsep kebutuhan dalam tugas perkembangan peserta didik ditingkat SMP.








1
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Konsep kebutuhan perkembangan peserta didik tingkat SMP
Dalam mebicarakan konsep kebutuhan perkembangan peserta didik tingkat SMP, tidak akan terlepas dari konsep motivasi, konsep dorongan, konsep perilaku, serta tujuan. Seseorang yang berbuat atau melakukan sesuatu, setidaknya karena ada kebutuhan yang hendak dicapai. Misalnya : seorang pelajar yang memiliki kebutuhan untuk dihargai dan diakui oleh teman-teman sekelasnya, dia akan melakukan berbagai upaya untuk mencapainya. Yaitu dia mengambil suatu keputusan untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan merebut kejuaraan kelas dalam ulangan semester dengan tujuan agar teman-teman sekelasnya memberi penghargaan dan pengakuan.
Kebutuhan dapat dipandang sebagai suatu aturan yang objektif yang terdapat dalam diri individu yang apabila dipenuhi akan menyebabkan tercapainya suatu kepuasan dan adanya penyesuaian antara individu dengan lingkungannya.
Secara garis besar konsep kebutuhan perkembangan peserta didik tingkat SMP dapat dibedakan atas beberapa golongan yaitu :
a.       Kebutuhan Fisiologis
Setiap orang mengetahui bahwa untuk mencapai integritas dan kesehatan fisik, maka organisme memerlukan udara, makanan, cairan, istirahat, tempat bernaung, pengeluaran sisa pembakaran, dan sebagainya. Pemusatan kebutuhan-kebutuhan fisiologis hanya menjamin penyesuaian organism fisik. Sekalipun demikian ada hubungan yang sangat erat antara pemuasan kebutuhan fisik dan pencapaian penyesuaian psikologis.
b.     Kebutuhan Psikologis
Manusia terdiri atas aspek psikologis dan aspek fisik, karena itu tingkah laku dan kehidupan mentalnya didominasi oleh sejumlah keperluan psikologis yang pemuasannya bersifat fundamental untuk penyesuaian. Ada beberapa kebutuhan psikologis yang penting untuk penyesuaian terhadap peserta didik tingkat SMP, yaitu :
ü  Kebutuhan akan Kasih Sayang dan Penghargaan Sosial
ü  Kebutuhgan akan Rasa Aman dan Status
ü  Kebutuhan akan Perhatian
ü  Kebutuhan akan Kebebasan
ü  Kebutuhan akan Prestasi
ü Kebutuhan akan Pengalaman
c.      Kebutuhan Sosial
Kebutuhan social merupakan faktor dinamis yang memberikan pengaruh langsung pada penyesuaian diri dengan lingkungan atau hubungan social antar pribadi.
ü  Kebutuhan akan Partisipasi
ü  Kebutuhan akan Pengakuan
ü Kebutuhan akan penyesuaian


B.     Tugas-tugas perkembangan peserta didik tingkat SMP
tugas perkembangan peserta didik tingkat SMP merupakan suatu tugas yang muncul pada periode tertentu dalam rentang kehidupan individu, yang apabila tugas itu dapat berhasil dituntaskan akan membawa kebahagiaan dan kesuksesan dalam menuntaskan tugas berikutnya.  Sementara apabila gagal maka akan menyebabkan ketidak bahagiaan pada diri individu yang bersangkutan, menimbulkan penolakan masyarakat dan kesulitan dalam menuntaskan tugas berikutnya.
2
Tugas-tugas perkembangan ini berkaitan erat dengan perubahan kematangan, persekolahan, pekerjaan, pengalaman beragama dan hal lainnya sebagai prasyarat untuk pemenuhan dan kebahagiaan hidup.
Guru dapat menjadi contoh teladan yang baik siswa. Karena pada masa ini, siswa perlu model untuk dicontoh dalam perilakunya. Karena pada tugas perkembangannya, peserta didik SMP masih suka bersikap bimbang dan sering membandingkan. Ditakutkan jika seorang guru tidak dapat memberi contoh teladan yang baik, siswa tidak akan lagi percaya dengan nasihat yang diberikan. Mereka akan menganggap guru itu hanya omong kosong, tanpa ada bukti yang jelas.

C.  Konsep Kebutuhan Dalam Tugas Perkembangan Peserta Didik tingkat SMP
Kematangan psikis-fisik, sosio-kultural dan educational yang menjadi tuntutan untuk dipenuhi pada setiap tahap perkembangan individu. Tuntutan tersebut hendaknya dipenuhi seoptimal mungkin. Pencapaiannya secara optimal akan merupakan dasar yang kuat untuk kesuksesan perkembangan individu pada tahap berikutnya. Hambatan atau kekurangan dalam pencapaian tuntutan tersebut akan menimbulkan gangguan dan hambatan pada tahap berikutnya. Kegiatan bimbingan dan konseling diarahkan kepada hal-hal pokok yang menyangkut perkembangan individu serta kehidupan mereka sehari-hari, termasuk di dalamnya permasalahan yang mungkin mereka alami. Fokus utama bimbingan dan konseling adalah terpenuhinya tugas perkembangan peserta didik. Perkembangan anak usia SMP ada pada rentang usia 12 – 15 tahun. Usia ini ada pada masa remaja awal. Perpindahan dari SD ke SMP ini merupakan langkah yang cukup berarti dalam kehidupan peserta didik, baik karena tambahan tuntutan belajar bagi peserta didik lebih berat, maupun karena peserta didik akan mengalami banyak perubahan dalam diri sendiri. Oleh karena itu pelayanan bimbingan dan konseling di SMP harus bercorak lain pula. Program bimbingan dan konseling pada SMP kiranya tidak hanya sekedar sebagai lanjutan dari program bimbingan dan konseling untuk SD tanpa perubahan dan penyesuaian seperlunya. Pada tingkat pendidikan SMP  ini semakin tegas dibedakan antara administrasi sekolah, bidang pengajaran, dan bidang pembinaan siswa. Bidang pembinaan siswa sendiri semakin menunjukkan keanekaragaman, termasuk pelayanan bimbingan sebagai subbidang dalam bidang pembinaan siswa. Berkaitan dengan perkembangan, tugas perkembangan yang ingin dicapai pada tahap perkembangan usia SMP, yaitu:
ü  Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
ü  Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat.
ü  Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria atau wanita.
ü  Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan yang lebih luas.
ü  Mengenal kemampuan, bakat, dan minat serta arah kecenderungan karir dan apresiasi seni.
ü  Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi.
ü  Mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan warga Negara.






3

BAB III
PENUTUP
A.         Kesimpulan.
Perubahan yang dialami olehindividu atau organisme menuju tingkat kedewasaan ( maturity ) yangberlangsung secara sistematik, progresif dan berkesinambungan, baik mengenai fisik, maupun psikis. Tugas perkembangan adalah berbagai ciri perkembangan yangdiharapkan timbul dan dimiliki setiap anak pada setiap masa dalam periode perkembangannya. Tugas perkembangan difokuskan pada upaya peningkatan sikap dan perilaku peserta didik serta berusaha untuk mencapai kemampuan bersikap dan berperilaku sesuai fasenya
B.         Saran
Pendidik hendaknya  melihat perkembangan para peserta didik dalam perkembangannya, seorang pendidik harus selalu mengawasi dan memperhatikan agar peserta didik tidak menjadi salah dalam kehidupannya kedepan karena salah sedikit yang dilakukan oleh pendidik akan mempengaruhi pada peserta didik. Peserta didik yang berusia remaja biasanya mempunyai ras ingin tahu yang sangat tinggi, oleh karena itu pendidik haruslah bisa mengarahkan demi masa depan nantinya peserta didik


















4

DAFTAR  PUSTAKA
Purwanto, Ngalim. 2010 . Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Baharudin,H.2009.Psikologi Pendidikan Refleksi Teoritis terhadap    Fenomena.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Grup.
Makmum,Abin Syamsudin.2007.Psikologi Kependidikan.Bandung: PT Rosdakarya.
Sugandhi,Nani M & Yusuf,Syamsu LN.2011.Perkembangan Peserta Didik.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Annisa,Akmala.2010.Bagaimana Implikasi Perkembangan dalam Pembelajaran?.http://edukasi.kompasiana.com/2010/11/16/bagaimana-implikasi-perkembangan-dalam-pembelajaran/




















5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar